Layanan Lab. Bimbingan & Konseling FKIP

  • Psikotes Peserta Didik

Merupakan pelayanan asesmen tes untuk mengidentifikasi konstrak-konstrak psikologis peserta didik seperti inteligensi, minat, bakat, kreatifitas, maupun kepribadian yang hasilnya dapat digunakan oleh guru BK/konselor untuk membantu memahami individu secara lebih efektif. Hasil psikotes dapat digunakan sebagai informasi awal untuk membuat keputusan terkait karier peserta didik, penentuan kelompok belajar atau rombongan belajar, dan keperluan konseling lainnya.

  • Asesmen Non-Tes Bimbingan dan Konseling

Pelayanan asesmen non-tes bimbingan dan konseling merupakan layanan untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik melalui penggunaan instrumen-instrumen non-tes seperti Sosiometri, Alat Ungkap Masalah (AUM), Daftar Cek Masalah (DCM), Inventori Tugas Perkembangan (ITP), atau Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa (IKMS).

  • Motivation Training

Pelatihan motivasi (motivation training) merupakan kegiatan pelatihan yang diberikan kepada peserta didik dengan tujuan untuk meningkatkan motivasinya dalam belajar, berprestasi, atau dalam konteks menghadapi ujian. Pelatihan motivasi dilakukan dalam rombel yang berjumlah minimal 20 orang. Tempat pelaksanaan pelatihan motivasi dapat disesuaikan dengan kesepakatan lebih lanjut.

  • Outbound dan Games Bimbingan dan Konseling

Merupakan kegiatan yang dirancang oleh tim laboratorium bimbingan dan konseling FKIP UNISKA-MAB untuk memfasilitasi hiburan yang bernilai mendidik sesuai konteks pelayanan bimbingan dan konseling. Kegiatan ini dilaksanakan di luar kelas/ruangan dengan sejumlah paket permainan yang menarik. Jenis permainan dapat dipilih dan disepakati bersama. Jumlah peserta dalam pelaksanaan outbound dan games bimbingan dan konseling minimal sebanyak 20 orang.

  • Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling

Tim laboratorium bimbingan dan konseling FKIP UNISKA-MAB menawarkan layanan untuk membantu guru BK/konselor dalam merancang dan mengembangkan program bimbingan dan konseling sesuai kebutuhan sekolah dan peserta didik. Program yang dirancang dapat disesuaikan dengan kurikulum bimbingan dan konseling yang diterapkan pada sekolah/instansi terkait. Isi program terdiri dari program tahunan, program semesteran, program bulanan, program mingguan, program harian, hingga pembuatan rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan dan konseling.

  • Konseling Individual dan Psikoterapi

Layanan ini merupakan layanan yang dibuka oleh para konselor dan psikolog profesional yang tergabung dalam laboratorium bimbingan dan konseling FKIP UNISKA-MAB untuk membantu individu dalam mengentaskan permasalahannya melalui konseling perorangan. Konseling akan menggunakan pendekatan-pendekatan seperti kognitif-behavioristik, eksistensial-humanistik, post-modern, maupun integratif. Layanan ini dibuka untuk peserta didik, guru, tenaga kependidikan, maupun masyarakat umum yang membutuhkan.

  • Bimbingan dan Konseling Kelompok

Layanan ini merupakan bentuk kelompok dari perbantuan konseling. layanan ini terbagi atas bimbingan kelompok dan konseling kelompok. Bimbingan kelompok berfungsi untuk memberikan pemahaman, pencegahan, maupun pengembangan dalam apek kognitif, emotif, dan psikomotorik setiap individu yang tergabung dalam anggota kelompok melalui diskusi terfokus dan teknik-teknik lainnya. Sedangkan konseling kelompok merupakan upaya untuk mengentaskan masalah beberapa individu melalui dinamika kelompok yang dibangun oleh konselor.

  • Bimbingan dan Konseling Karier

Merupakan bentuk perbantuan yang diberikan kepada konselor untuk membantu klien dalam mengeksplorasi, merencanakan, memilih, dan mengembangkan kariernya. Layanan ini diperuntukkan bagi peserta didik maupun masyarakat umum yang mengalami kesulitan atau kebingungan dalam membuat perencanaan karier untuk masa depan.

  • Konseling Krisis

Merupakan pelayanan khusus bagi klien atau sekelompok klien yang mengalami kondisi krisis akibat dari adanya bencana, kejadian insidental, peristiwa yang kurang menyenangkan secara personal, kekerasan, pelecehan, dan kondisi-kondisi traumatik lainnya. Klien yang terlibat dalam konseling krisis dapat mengajukan diri atas kehendak pribadi, maupun berdasarkan rujukan dari pihak lain. Klien dapat berstatus sebagai peserta didik, maupun anggota masyarakat umum.

  • Konseling Sistemik Keluarga

Layanan ini merupakan perbantuan yang diberikan kepada klien yang memerlukan konsolidasi atau konseling dengan keterlibatan keluarga sebagai sebuah sistem. Peserta konseling ini merupakan sebuah keluarga, pasangan, atau antar-saudara. Konseling ini dapat menyelesaikan permasalahan akibat disfungsi peran salah satu atau seluruh anggota keluarga yang terlibat.

  • Konseling Berbasis Komunitas

Layanan ini diperuntukkan bagi masyarakat umum untuk memfasilitasi perkembangan kesehatan mental komunitas. Konteks pelayanan meliputi layanan yang berfokus pada pengembangan individu dan komunitas, berorientasi strategi pengentasan, pencegahan dan pengembangan. Komunitas atau lembaga yang mengajukan kerjasama akan mendapatkan binaan, program, dan bentuk-bentuk terapi kesehatan mental yang beragam dari tim laboratorium bimbingan dan konseling FKIP UNISKA-MAB.

  • Hipnoterapi dan Hipnomotivasi

Merupakan bentuk terapi khusus yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi atau merilis beban-beban psikologis yang masih tersembunyi dalam pikiran individu melalui terapi hipnosis. Hasil terapi dapat dirasakan berupa berkurangnya ketegangan psikologis dan meningkatnya motivasi untuk melakukan/menyelesaikan suatu pekerjaan. Terapi diberikan oleh ahli yang memiliki kualifikasi dalam melaksanakan hipnosis.

  • Workshop Peningkatan Kompetensi bagi Guru BK

Laboratorium Bimbingan dan Konseling FKIP UNISKA menyediakan pelayanan berupa penyelenggaraan workshop, pelatihan, atau pendampingan bagi guru-guru bimbingan dan konseling dalam rangka meningkatkan kompetensinya. Kompetensi yang dapat dilatihkan antara lain terkait dengan kompetensi yang bermanfaat bagi pelaksanaan bimbingan dan konseling secara praktis di lapangan.

  • Pendampingan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling

Penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh guru BK terutama terkait dengan upaya pengusulan pangkat. Melalui pelayanan ini, guru BK akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam melaksanakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang meliputi: pelatihan tentang metodologi PTBK, pendampingan proses pelaksanaan PTBK, dan pendampingan penulisan laporan PTBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *