Connection Information

To perform the requested action, WordPress needs to access your web server. Please enter your FTP credentials to proceed. If you do not remember your credentials, you should contact your web host.

Connection Type

Connection Information

To perform the requested action, WordPress needs to access your web server. Please enter your FTP credentials to proceed. If you do not remember your credentials, you should contact your web host.

Connection Type

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISKA Mengadakan Pelatihan Menulis Jurnal Publikasi untuk Meningkatkan Kapabilitas Penelitian Dosen - FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN (FKIP)

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISKA Mengadakan Pelatihan Menulis Jurnal Publikasi untuk Meningkatkan Kapabilitas Penelitian Dosen

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISKA telah menyelenggarakan Pelatihan Menulis Jurnal Publikasi dengan tema “How to Write and Publish a research manuscript in national and international reputable journals”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas penelitian bagi Dosen  FKIP UNISKA. Kegiatan berlangsung di Laboratorium Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISKA selama satu hari.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Dosen dilingkungan FKIP UNISKA yang bersemangat untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam menulis dan menerbitkan karya ilmiah mereka di jurnal-jurnal nasional maupun internasional yang terkemuka. Para mahasiswa berharap pelatihan ini akan memberikan panduan yang komprehensif dan bermanfaat agar penelitian mereka dapat lebih diakui dan dipublikasikan di dunia ilmiah.

Salah satu momen penting dalam kegiatan ini adalah kehadiran Bapak Supiani, M.Pd, yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISKA. Tidak hanya sebagai dosen, Bapak Supiani juga merupakan seorang peneliti yang berpengalaman dan saat ini sedang menempuh studi S3 di Universitas Negeri Malang. Keberadaannya sebagai narasumber menjadi nilai tambah bagi pelatihan ini karena mahasiswa dapat memperoleh wawasan dari sisi akademis dan praktis dalam menulis jurnal publikasi

Dalam sesi pertama, Bapak Supiani menyampaikan materi tentang langkah-langkah awal dalam menulis artikel penelitian dan mengidentifikasi jurnal-jurnal terpercaya untuk publikasi. Ia juga memberikan panduan tentang etika penulisan ilmiah dan pentingnya menyusun manuskrip sesuai dengan panduan dari penerbit jurnal yang dituju. Mahasiswa sangat antusias mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan berbagai tantangan yang sering dihadapi dalam proses penulisan jurnal.

Sesi berikutnya berfokus pada teknik-teknik penulisan yang efektif, seperti cara menyusun abstrak yang menarik, pembuatan kata kunci yang relevan, serta penyajian data dan hasil penelitian secara jelas dan terstruktur. Bapak Supiani juga memberikan contoh-contoh karya ilmiahnya sendiri yang telah dipublikasikan di jurnal-jurnal terkemuka sebagai contoh inspiratif bagi peserta pelatihan.

Selain itu, pelatihan ini juga mengajarkan tentang strategi untuk menghadapi proses peer review yang sering kali menjadi kendala bagi penulis. Bapak Supiani memberikan wawasan tentang bagaimana merespon kritik dan saran dari para reviewer agar manuskrip dapat ditingkatkan dan diterbitkan dengan kualitas yang lebih baik.

Peserta pelatihan diberi kesempatan untuk berlatih secara langsung dalam sesi workshop. Mereka diminta untuk mengajukan abstrak dan manuskrip pendek yang akan dinilai oleh Bapak Supiani dan tim pelatih. Hal ini memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mengasah kemampuan menulis jurnal mereka sebelum benar-benar menerbitkan karya ilmiah mereka di jurnal-jurnal yang diinginkan.

Dengan adanya kegiatan Pelatihan Menulis Jurnal Publikasi ini, diharapkan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISKA dapat mencetak lebih banyak peneliti muda yang berpotensi untuk berkontribusi dalam dunia ilmiah. Mahasiswa diharapkan dapat lebih percaya diri dan terampil dalam menulis artikel penelitian, serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional untuk mempublikasikan hasil penelitian yang relevan dan bermutu tinggi. Semangat untuk terus belajar dan berinovasi di dunia akademik semakin tumbuh, dan dukungan dari dosen-dosen yang berpengalaman seperti Bapak Supiani turut menjadi kunci kesuksesan bagi generasi muda peneliti FKIP UNISKA.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.