Connection Information

To perform the requested action, WordPress needs to access your web server. Please enter your FTP credentials to proceed. If you do not remember your credentials, you should contact your web host.

Connection Type

Connection Information

To perform the requested action, WordPress needs to access your web server. Please enter your FTP credentials to proceed. If you do not remember your credentials, you should contact your web host.

Connection Type

DOSEN PRODI BK FKIP UNISKA LAKUKAN PKM UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN GURU DI KKG GUGUS SUNGAI JINGAH BANJARMASIN - FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN (FKIP)

DOSEN PRODI BK FKIP UNISKA LAKUKAN PKM UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN GURU DI KKG GUGUS SUNGAI JINGAH BANJARMASIN

Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) telah melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang ditujukan untuk para guru di Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Sungai Jingah, Banjarmasin. Tim pengabdian yang terlibat dalam program ini terdiri dari Dr. H. Jarkawi, M.M.Pd., Akhmad Rizkhi Ridhani, M.Pd., Kons., Yuliazar Abidarda, SE., MM, beberapa mahasiswa, dan staf pendukung.

Program PKM ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2023 dan berlokasi di SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bagi para guru di wilayah Banjarmasin. Para dosen Prodi BK FKIP UNISKA memberikan pelatihan yang relevan dan berguna bagi pengembangan profesionalisme para guru.

Dalam kegiatan ini, para dosen memberikan pelatihan mengenai penyusunan skala psikologis untuk analisis kebutuhan awal siswa sekolah dasar. Dr. H. Jarkawi, M.M.Pd., salah satu narasumber dalam program ini, membahas teknik dan metode penyusunan skala psikologis yang valid dan reliabel untuk mengidentifikasi kebutuhan awal siswa dalam proses pembelajaran.

Selain itu, Akhmad Rizkhi Ridhani, M.Pd., Kons., memberikan pelatihan penggunaan aplikasi instrument Daftar Check Masalah (DCM) kepada para guru. DCM adalah sebuah aplikasi yang berguna dalam mendeteksi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa, sehingga guru dapat memberikan pendampingan yang tepat guna memfasilitasi perkembangan mereka secara optimal.

Kegiatan PKM ini mendapatkan sambutan positif dari para guru yang mengikuti pelatihan tersebut. Mereka merasa terbantu dan terinspirasi untuk menggunakan metode dan alat yang lebih efektif dalam memahami dan menangani kebutuhan siswa di kelas. Para guru mengapresiasi upaya dari dosen Prodi BK FKIP UNISKA dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Banjarmasin.

Para dosen Prodi BK FKIP UNISKA merasa puas dengan hasil dari program PKM ini. Mereka berharap bahwa pelatihan dan bimbingan yang diberikan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas para guru. Dalam kerjasama dengan masyarakat, Prodi BK FKIP UNISKA berkomitmen untuk terus mendukung dan meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Banjarmasin dengan melaksanakan program-program pengabdian yang bermanfaat.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.