Connection Information

To perform the requested action, WordPress needs to access your web server. Please enter your FTP credentials to proceed. If you do not remember your credentials, you should contact your web host.

Connection Type

Connection Information

To perform the requested action, WordPress needs to access your web server. Please enter your FTP credentials to proceed. If you do not remember your credentials, you should contact your web host.

Connection Type

PRODI BK FKIP UNISKA MENGADAKAN KULIAH TAMU TENTANG IMPLEMENTASI TEORI HOLLAND DALAM LAYANAN BK KARIR DI SEKOLAH - FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN (FKIP)

PRODI BK FKIP UNISKA MENGADAKAN KULIAH TAMU TENTANG IMPLEMENTASI TEORI HOLLAND DALAM LAYANAN BK KARIR DI SEKOLAH

Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) bekerjasama dengan mahasiswa semester 6 Prodi BK FKIP UNISKA, mengadakan kegiatan kuliah tamu yang menyoroti implementasi teori Holland dalam layanan BK Karir di sekolah. Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber terkenal, Ambar D. Wulandari, S.Pd., Kons., Gr., seorang praktisi BK Karir berpengalaman.

Kuliah tamu yang dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Juni 2023, diselenggarakan melalui aplikasi Zoom sebagai respons terhadap situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Mahasiswa semester 6 Prodi BK FKIP UNISKA dan beberapa dosen pendamping, antusias mengikuti acara tersebut.

Dalam kuliah tamu ini, Ambar D. Wulandari membahas pentingnya menerapkan teori Holland dalam memberikan layanan BK Karir kepada siswa sekolah. Teori Holland, yang dikembangkan oleh John L. Holland, mengidentifikasi enam tipe kepribadian utama dan menghubungkannya dengan minat karir yang sesuai. Pemahaman yang baik terhadap teori ini sangat penting dalam membantu siswa mengenali diri mereka sendiri dan memilih jalur karir yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Ambar D. Wulandari, sebagai seorang praktisi BK Karir yang berpengalaman, berbagi pengalaman serta wawasan dalam menerapkan teori Holland dalam praktik BK di sekolah. Ia menekankan pentingnya pendekatan personal dan pemahaman mendalam terhadap siswa guna membantu mereka menemukan minat dan potensi karir yang tepat. Dalam presentasinya, ia juga menyajikan contoh kasus nyata di mana penerapan teori Holland telah membantu siswa mencapai kesuksesan dalam memilih jurusan kuliah dan karir yang sesuai.

Kegiatan kuliah tamu ini mendapatkan respons positif dari peserta. Mahasiswa semester 6 Prodi BK FKIP UNISKA merasa terinspirasi dan lebih siap untuk mengaplikasikan teori Holland dalam praktik BK Karir di masa depan. Mereka sangat mengapresiasi informasi dan wawasan yang diberikan oleh Ambar D. Wulandari, yang memberikan mereka pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya memadukan teori dengan praktik dalam layanan BK Karir.

Para dosen pendamping juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini, yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa Prodi BK FKIP UNISKA dalam menyediakan layanan BK Karir yang berkualitas bagi siswa. Mereka berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus diadakan untuk memberikan peluang belajar dan pengembangan profesionalisme yang lebih baik bagi mahasiswa BK. Dengan berakhirnya kegiatan kuliah tamu ini, Prodi

BK FKIP UNISKA berharap mahasiswa semester 6 dapat mengaplikasikan pengetahuan dan wawasan yang mereka peroleh dalam pengalaman praktik BK Karir di sekolah-sekolah tempat mereka melaksanakan magang. Ke depannya, mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dan efektif dalam membantu siswa mengembangkan minat dan potensi mereka dalam memilih jalur karir yang tepat.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.